Selamat Datang

Selamat datang di blog saya.....yang berisi hal-hal terkait Gugus Kendali Mutu (GKM) sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas. Semoga bermanfaat.

Minggu, 01 November 2009

Komentar dari Konvensi GKM Jawa Tengah 2009

Semangat Pagi !!
Mengikuti konvensi gkm tingkat Jawa Tengah merupakan agenda rutin. Kali ini konvensi diselenggarakan tanggal 28-29 Oktober 2009 di hotel Patra Semarang. Sebagai salah satu peserta tentu penulis mempunyai pendapat tentang penyelenggaraan tahun ini yang terasa cukup menggairahkan, meskipun banyak kekurangan disana-sini. Kegairahan dimulai pada hari pertama yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda , 20 team yang dibagi menjadi dua stream, A dan B, masing-masing mencoba meyakinkan juri bahwa improvement yang mereka lakukan adalah yang terbaik. Tak jarang perdebatan cukup sengit terjadi antara peserta dan juri terutama di stream B. Mereka mempunyai pendapat yang berbeda meskipun bertujuan sama, peningkatan produktifitas karyawan !!. Beberapa fasilitator yang hadir kurang sependapat dengan juri terkait dengan perbedaan sistem yang diterapkan di GKM, banyak cara yang bisa ditempuh untuk melakukan improvement dan menyelesaikan problem di tempat kerja. Yang penting speak with data and to do the best.

Penyelenggaraan hari kedua lebih menarik dengan diberikan kesempatan peserta menggelar display yang bisa disaksikan oleh semua peserta dan tamu undangan yang hadir. Peserta mencoba unjuk gigi, we are the best !!. Sayangnya, kegairahan di acara pembukaan tidak berlanjut di arena yang sebenarnya....presentasi gugus. Dengan penataan ruangan yang kurang representative, sound system yang ala kadarnya, dan prasarana lain yang kurang mendukung, membuat peserta tidak bisa tampil all out di sesi pembukaan....yel-yel, jeng-jeng, senam, drama dan lain-lain yang sudah dipersiapkan peserta jadi kurang terasa gregetnya. Tetapi semua itu tidak mempengaruhi peserta saat menyajikan materi utama, tetap semangat, tetap bergairah dan berjuang sampai titik darah penghabisan.
Acara yang ditunggu peserta telah tiba, pengumuman sebagai team dengan improvement terbaik. Akhirnya terpilih enam team sebagai GKM terbaik, tetapi sayangnya dari 2 stream yang ada, hanya 1 peserta dari stream A yang masuk, itupun "cuma" sebagai harapan 1, sementara dari stream B ada lima peserta. Waduh gimana nich Pak Juri, kenapa bisa jadi begini....?
Tetapi dalam bertanding selalu harus ada yang terbaik, tidak ada team yang merasa dikalahkan, karena kemenangan bukanlah tujuan akhir mereka. Masih ada tujuan-tujuan lain yang lebih besar terutama peningkatan produktifitas di semua lini di perusahaan, untuk menjadikan perusahaan menjadi yang terbaik. Dengan GKM masalah akan teratasi...!!. Tidak ada kata kalah, yang ada adalah kata sukses atau sedang belajar...! Mari ber-GKM dan Tetap Semangat !!!

3 komentar:

  1. bos jangan salahin dewan juri mulu.....itu sama aja mahasiswa salahin dosen.....

    BalasHapus
  2. Tidak adakah posting yang terbaru? di jateng ada GKM di bulan oktober 2011. mana beritanya

    BalasHapus